Nama-nama Nabi dan Ibu Susu Beliau

Pemberian nama “Muhammad” adalah Taufiq dari Allah ‘azza wajalla.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَا تَعْجَبُونَ كَيْفَ يَصْرِفُ اللَّهُ عَنِّي شَتْمَ قُرَيْشٍ وَلَعْنَهُمْ يَشْتِمُونَ مُذَمَّمًا وَيَلْعَنُونَ مُذَمَّمًا وَأَنَا مُحَمَّدٌ

Dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidakkah kalian takjub (kagum) bagaimana Allah menghindarkan aku dari caci-maki Quraisy dan sumpah-serapah mereka? Mereka mencaci maki mudzammam (orang yang banyak dicela) dan mereka melaknat mudzammam, padahal aku adalah muhammad (orang yang banyak dipuji).”
[HR al-Bukhari no. 3269, an-Nasai no. 3384, Ahmad no. 7029]

عَنْ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ لِي أَسْمَاءً أَنَا مُحَمَّدٌ وَأَنَا أَحْمَدُ وَأَنَا الْمَاحِي الَّذِي يَمْحُو اللَّهُ بِيَ الْكُفْرَ وَأَنَا الْحَاشِرُ الَّذِي يُحْشَرُ النَّاسُ عَلَى قَدَمِي وَأَنَا الْعَاقِبُ الَّذِي لَيْسَ بَعْدِي نَبِيٌّ

Dari Jubair bin Muth’im radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya aku memiliki beberapa nama. Aku adalah Muhammad, Ahmad, al-Mahi (Penghapus) yang denganku Allah menghapus kekufuran, al-Hasyir (Penghimpun) yang manusia dikumpulkan di atas kakiku, al-‘Aqib (Pemungkas) yang tiada lagi Nabi setelahku.”
[HR at-Tirmidzi no. 2766, al-Bukhari no. 3268, Muslim no. 4342, ad-Darimi no. 2656, Ahmad no. 16134, Malik no. 1595]

Ibu Susu Beliau

عَنْ أُمَّ حَبِيبَةَ بِنْتَ أَبِي سُفْيَانَ أَنَّهَا قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ انْكِحْ أُخْتِي بِنْتَ أَبِي سُفْيَانَ فَقَالَ أَوَتُحِبِّينَ ذَلِكِ فَقُلْتُ نَعَمْ لَسْتُ لَكَ بِمُخْلِيَةٍ وَأَحَبُّ مَنْ شَارَكَنِي فِي خَيْرٍ أُخْتِي فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ ذَلِكِ لَا يَحِلُّ لِي قُلْتُ فَإِنَّا نُحَدَّثُ أَنَّكَ تُرِيدُ أَنْ تَنْكِحَ بِنْتَ أَبِي سَلَمَةَ قَالَ بِنْتَ أُمِّ سَلَمَةَ قُلْتُ نَعَمْ فَقَالَ لَوْ أَنَّهَا لَمْ تَكُنْ رَبِيبَتِي فِي حَجْرِي مَا حَلَّتْ لِي إِنَّهَا لَابْنَةُ أَخِي مِنْ الرَّضَاعَةِ أَرْضَعَتْنِي وَأَبَا سَلَمَةَ ثُوَيْبَةُ فَلَا تَعْرِضْنَ عَلَيَّ بَنَاتِكُنَّ وَلَا أَخَوَاتِكُنَّ قَالَ عُرْوَةُ وثُوَيْبَةُ مَوْلَاةٌ لِأَبِي لَهَبٍ كَانَ أَبُو لَهَبٍ أَعْتَقَهَا فَأَرْضَعَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا مَاتَ أَبُو لَهَبٍ أُرِيَهُ بَعْضُ أَهْلِهِ بِشَرِّ حِيبَةٍ قَالَ لَهُ مَاذَا لَقِيتَ قَالَ أَبُو لَهَبٍ لَمْ أَلْقَ بَعْدَكُمْ غَيْرَ أَنِّي سُقِيتُ فِي هَذِهِ بِعَتَاقَتِي ثُوَيْبَةَ

Dari Ummu Habibah binti Abu Sufyan bahwa ia pernah berkata, “Wahai Rasulullah, nikahilah saudariku, putri Abu Sufyan”. Maka beliau balik bertanya, “Apakah engkau suka hal itu?” Saya menjawab, “Ya. Namun saya tidak mau ditinggalkan oleh engkau. Hanya saja aku suka bila saudariku ikut serta denganku dalam kebaikan.” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda, “Sesungguhnya hal itu tidaklah halal bagiku.” Saya berkata lagi, “Diberitakan bahwa engkau ingin menikahi putri Abu Salamah”. Beliau bertanya, “Putri Ummu Salamah?” Saya menjawab, “Ya”. Maka beliau bersabda, “Meskipun ia bukan anak tiriku, ia tidaklah halal bagiku. Sesungguhnya ia adalah anak saudaraku sesusuan. Tsuwaibah pernah menyusuiku dan juga Abu Salamah. Karena itu, janganlah kalian menawarkan anak-anak dan saudari-saudari kalian padaku!” ‘Urwah berkata, “Tsuwaibah adalah maula (mantan budak yang dimerdekakan oleh) Abu Lahab. Waktu itu, Abu Lahab memerdekakannya, lalu Tsuwaibah pun menyusui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Dan ketika Abu Lahab mati, ia pun diperlihatkan kepada sebagian keluarganya di dalam mimpi dengan keadaan yang sangat mengenaskan. Sang kerabat berkata padanya, “Apa yang engkau dapatkan?” Abu Lahab berkata, “Saya belum pernah mendapati sesuatu nikmat pun setelah kalian. Hanya saja saya diberi minum lantaran memerdekakan Tsuwaibah”.
[HR al-Bukhari no. 4711, Muslim no. 2626, Abu Dawud no. 1760, an-Nasai no. 3232, Ahmad no. 25414]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Prehistoric Period (Zaman Prasejarah)

The Prehistoric period of human history, before written records were kept, is often divided into three main eras: the Stone Age, the Bronze ...